Pengertian Proyektor


Berbicara tentang proyektor, kita tidak terlepas dari teknologi presentasi, Dan teknologi presentasi tidak terlepas mengenai proyeksi gambar atau tulisan. Mengapa ?, karena dengan tampilan gambar atau tulisan itu kita dapat memberikan presentasi yang lebih
dinamis dan atraktif. Saat ini kita telah mengenal banyak sekali teknologi untuk presentasi. Karena dengan teknologi ini, dapat memudahkan kita untuk menjelaskan sesuatu hal yang ingin kita presentasikan. Sebelum kita mengenal lebih dalam tentang proyektor, ada baiknya kita mengenal beberapa teknologi konvensional , yaitu:

Presentasi Konvensional

Papan Tulis
Blackboard adalah sebuah papan tulis dengan warna dasar hitam dan dapat di tulis dengan kapur. Whiteboard adalah sebuah papan tulis dengan warna dasar putih dan permukaan yang halus dan dapat di tulis dengan spidol.

Flip Chart
Flip chart adalah kumpulan ringkasan, skema, gambar, tabel yang dibuka secara berurutan berdasarkan topik materi pembelajaran. Bahan flip chart biasanya kertas ukuran plano yang mudah dibuka-buka, mudah ditulis.


Copyboard
Copyboard merupakan  technologi konvensional yang di modernisasikan. Copyboard adalah Whiteboard yang dapat di tulis dengan spidol, dan dapat menyimpan data langsung ke dalam PC serta dapat langsung di Print.

Presentasi dengan proyeksi
Seiring dengan perkembangan teknologi, Presentasi berkembang menjadi tampilan proyeksi. Di mulai dari slide proyektor sampai dengan digital projector.karena dengan tampilan proyeksi presentasi menjadi lebih inovatif dan atraktif.
Slide Projector
Slide projector adalah sebuah perangkat optical mekanikal untuk memproyeksikan foto slide.


OHP ( Over Head Projector )
OHP merupakan jenis perangkat keras yang sangat sederhana, terdiri atas sebuah kotak dengan bagian atasnya sebagai tempat untuk meletakkan transparansi. Cahaya yang amat terang dari lampu proyektor amat kuat menyorot dari dalam kotak kemudian dibiaskan oleh sebuah lensa khusus, yaitu lensa fresnel, melewati sebuah transparan ukuran 20 x 25 cm yang ditempatkan di atas tempat tersebut. Sebuah sistem pemantul cahaya dari cermin dan lensa, yang di tempatkan di atas kotak landasan, menghasilkan berkas cahaya berbelok 90­­­ derajat. Dengan lampunya yang amat terang dan sistem optiknya yang efisien, menghasilkan banyak sekali cahaya sehingga memungkinkan untuk dipergunakan di ruangan biasa tanpa penggelapan.


Mengapa beralih ke Video / Digital proyektor?
Walaupun Dengan OHP ini cukup menghemat uang, namun menyimpan dan mengganti semua lembaran transparansi dari awal hingga akhir presentasi bukan merupakan hal yang efektif.
 Karena alasan itulah banyak orang beralih ke
proyektor warna dan sebuah laptop daripada terus menerus menggunakan metode diatas. Juga apabila anda menggunakan metode baru ini, anda akan lebih mudah mengupdate bahan-bahan presentasi anda untuk suatu saat bisa ditampilkan lagi, daripada anda harus menyusun ulang dan mencetak kembali transparansi anda. 

Lalu, apa yang dimaksud dengan proyektor ?
Proyektor adalah perangkat yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optik, elektronik dan Teknologi display dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke dinding atau layar.
Mengapa proyektor ? dibandingkan dengan media yang lain seperti Plasma atau LCD Display, proyektor memiliki beberapa kelebihan seperti, dapat membuat tampilan yang sangat besar, dapat di bawa dengan mudah serta fleksibilitas yang tinggi.
* Sebagai Alat Presentasi
Proyektor dapat membuat sebuah presentasi menjadi lebih hidup, karena dengan tampilan gambar atau tulisan itu kita dapat memberikan presentasi yang lebih dinamis
dan atraktif.
* Sebagai Pemutar Video (Home Theater)
Dengan proyektor, kita dapat menikmati bioskop di dalam rumah. Ini dikarenakan proses tampilan yang terjadi di bioskop bisa kita tampilkan di rumah, yaitu dengan proyeksi.
* Sebagai Media Informasi
Karena proyektor dapat menampilkan tampilan dengan layar besar, maka projector sangat efektif untuk dijadikan sebagai media informasi.