Mengenal Brightness

Brightness adalah Kekuatan cahaya yang dihasilkan oleh proyektor. Satuan yang biasa di gunakan adalah ANSI Lumens. Yaitu standarisasi yang ditetap oleh ANSI (American National Standard Institute) untuk  menentukan brightness proyektor.
Pada standard ANSI:
Nilai intensitas yang keluar dari sumber cahaya diukur dengan cara mengukur nilai kuat cahaya pada daerah cahaya dengan luas 1 meter persegi. (1 ANSI Lumens = 1 Lux/m² = 1 Candella/m² (ISO standard)).

Kebutuhan Lumens dipengaruhi oleh beberapa Aspek, antara lain :
  •  Ambient Light (Pencahayaan di sekitar Proyeksi )
Semakin kuat cahaya di sekitar proyeksi akan semakin menurunkan Lumens pada proyektor. Maka kita membutuhkan Lumens yang besar untuk tetap dapat membuat proyeksi yang optimal jika ambient light cukup terang.
  • Screen Size ( Ukuran Layar )
ukuran layar juga menentukan besarnya Lumens. Karena semakin besar layar yang digunakan, semakin besar pula Lumens yang dibutuhkan.
  • Environment ( Lingkungan )
Yang dimaksud lingkungan disini adalah tempat atau ruang dimana proyektor akan digunakan. Apakah didalam atau diluar ruangan ?, seberapa besar ruangan yang digunakan?. Hal – hal itu yang juga dapat mempengaruhi kebutuhan Lumens yang akan digunakan.