Jenis - Jenis Proyektor


Dari bentuk, berat dan kegunaannya, proyektor memiliki jenis - jenis yang berbeda, mulai dari yang paling kecil hingga yang besar. Berikut adalah klasifikasi proyektor :

Proyektor Pico dan Pocket 
Proyektor jenis ini mempunyai bentuk yang kecil dan sangat ringan sehingga dapat dimasukkan di dalam saku. Dengan berat kurang dari 0.5 kg, dan mempunyai umur lampu yang panjang karena memakai lampu LED. Untuk Brightness tidak lebih dari 500 Lumens.
Rekomendasi penggunaan :
·                      - Mobile User


Contoh Proyektor Pico dan Pocket
Proyektor Portable
Proyektor Jenis ini mempunyai bentuk yang ramping dengan bobot tidak sampai 2 kg, mempunyai Brightness sampai dengan 3000 Lumens dan mempunyai fitur andalan seperti Auto Focus dan USB tipe A.
Rekomendasi penggunaan :
·                    -   Mobile user
·                    - Kantor
 

Contoh Portable Projector
Proyektor Entry Level
Proyektor jenis ini mempunyai mempunyai range brightness mulai dari 2200 – 3000 Lumens dengan resolusi mulai dari SVGA sampai dengan XGA.
Rekomendasi penggunaan :
·        Ruang kelas kecil dan Menengah
·        Ruang pertemuan kecil dan menengah
  Contoh Proyektor Entry Level 
Proyektor Middle Level
Proyektor jenis ini mempunyai range brightness mulai dari 2600 – 5000 Lumens dengan resolusi XGA sampai WXGA serta kaya akan fitur dan input koneksi seperti USB, Wireless Projection dll.
Rekomendasi penggunaan :
·        Ruang kelas menengah dan besar
·        Ruang pertemuan kecil dan menengah
 


Contoh Proyektor Middle Level
Proyektor Installation
Proyektor jenis ini mempunyai Range Brightness mulai dari 5000 – 20000 Lumens dengan Range resolusi mulai dari XGA s/d WUXGA juga di lengkapi dengaan lensa opsional serta beberapa fitur profesional seperti Lens Shift dan Geometric adjustment
Rekomendasi penggunaan :
·        Ruang seminar
·        Gereja
·        Rental
·        Auditoriums
   


Contoh Proyektor Installation
Proyektor Home Theater
Proyektor jenis ini mempunyai Range Brightness mulai dari 1000 – 3000 Lumens dengan resolusi HD Ready atau Full HD, Contrast Ratio yang sangat tinggi serta mempunyai bobot lebih dari 6 kg.
Rekomendasi Penggunaan :
·        Ruang Home Theater
·        Ruang keluarga
 
Contoh Proyektor Home Theater

Proyektor Short Throw 
Proyektor ini memungkinkan penggunanya untuk membuat tampilan yang besar dengan jarak yang dekat. Proyektor Short Throw  di desain khusus untuk kelas mengajar atau ruangan yang tidak mempunyai jarak yang cukup untuk menempatkan projector dengan tampilan proyeksi yang besar. 

Contoh perbandingan jarak tembak antara projector biasa dengan proyektor Short Throw 

Contoh proyektor short throw

Proyektor Ultra Short Throw 
Proyektor Ultra Short Throw  memiliki jarak yang sangat ekstrim ( sangat dekat ) untuk menghasilkan tampilan besar. Hanya membutuhkan ½ dari jarak proyektor short throw  untuk menghasilkan besaran tampilan yang sama. Sinar proyeksi yang dihasilkan projector ini tidak akan terhalang oleh Pengajar. Biasanya projector Ultra Short Throw di aplikasikan untuk dunia pendidikan terutama untuk pemakaian Interactive Whiteboard.


Contoh perbandingan jarak tembak antara projector biasa, projector Short Throw dan projector Ultra Short Throw

Contoh proyektor ultra short throw

.