Mengenal Screen Surface



Berikut ini adalah beberapa jenis screen surface :
1.     Matte White
Matte White adalah Permukaan layar berwarna putih dan yang paling serbaguna serta banyak digunakan untuk Front Projection. Matte White juga mempunyai Viewing angle yang cukup besar.
Screen Gain : 1.0 Viewing angle : 50o – 80o
2.     Matte Grey
   Matte Grey adalah permukaan layar berwarna abu-abu dan juga digunakan untuk Front Projection. Matte Grey cocok untuk Home Theater karena dapat meningkatkan Contrast dari hasil tampilan projector.akan tetapi memiliki Screen Gain yang cukup rendah.
Screen Gain : 0.6 – 0.9 Viewing angle : 50o – 80o
3.     Glass Beaded
Glass Beaded adalah permukaan layar yang mempunyai kesan serpihan kaca. Glass Beaded memiliki Screen Gain yang tinggi sehingga dapat melipatgandakan brightness proyektor, tetapi Glass beaded memiliki Viewing angle yang sangat terbatas yang akan mengurangi ketajaman gambar jika kita tidak melihat layar pada Viewing angle yang telah ditentukan.
Screen Gain : 2.0 – 3.5  Viewing angle : 30o – 40o
4.  Vinyl
 Vinyl adalah permukaan layar dengan permukaan halus, agak transparan dan  lentur. Vinyl biasa digunakan untuk Rear projection atau Dual Projection (front and Rear). Vinyl juga mempunyai beberapa jenis seperti White Vinyl dan Grey Vinyl dengan perbedaan Grey Vinyl mempunyai Contrast yang tinggi.

Screen Gain : 0.8 – 1.2 Viewing angle : 50o – 80o

5.     Acoustically Transparent
Acoustically Transparent adalah sebutan untuk permukaan layar yang mempunyai pori – pori atau lubang pada layar.  Mengapa ? pernahkah anda melihat speaker depan dalam bioskop ? pasti tidak pernah. Ini dikarenakan speaker depan berada di belakang layar untuk mengeluarkan suara dari speaker depan. Inilah fungsi dari pori – pori atau lubang pada acoustically Transparent Screen. Permukaan layar ini sangat cocok untuk ruangan Home Theater ataupun Auditrium besar.
Screen Gain : 0.6 – 0.95 Viewing angle : 70o – 90o