Cara Menciptakan Hasil Terbaik Dari Proyektor


Untuk menghasilkan tampilan yang terbaik dari sebuah proyektor, ada hal – hal yang perlu diperhatikan. Karena setiap proyektor memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing, maka perlu diperhatikan hal – hal berikut ini :

Source Resolution
Setiap resolusi sumber tampilan harus “merujuk” pada resolusi native dari proyektor. Contoh:  jika anda mempunyai proyektor dengan resolusi SVGA, maka sumber tampilan anda ( kita asumsikan komputer ), harus mengikuti resolusi Proyektor tersebut menjadi SVGA yaitu 800 x 600. 


Ubah resolusi komputer mengikuti resolusi Native proyektor
Content
Yang dimaksud content disini adalah berupa file yang akan kita tampilkan. Ada 3 macam Konten yang harus diperhatikan yaitu:
Document Content
Jika ingin menampilan Document file seperti Word ataupun Excel, sebaiknya kita menggunakan besarnya Huruf atau angka dengan ukuran minimal 14 pts atau lebih agar tulisan dapat terlihat dengan baik.


Picture Content
Jika ingin menampilkan file – file berbentuk gambar dengan format seperti Jpeg, sebaiknya kita mencari  mempunyai resolusi persis  seperti resolusi native dari Projector. Contoh : jika proyektor anda memiliki resolusi native XGA, maka slide gambar juga harus mempunyai resolusi XGA yaitu 1024 x 768.



Video Content
Pastikan anda mempunyai File Video atau Movie dengan Format Full HD atau 1080p karena format tersebut merupakan format resolusi tertinggi saat ini. Anda bisa mendapatkan content dengan format tersebut melalui content Blu-ray Disc.

Connector and Connection Port
membuat tampilan terbaik juga wajib memperhatikan Connector dan Connection Port yang akan digunakan. Seperti yang sudah kita bahas pada buku sebelumnya, setiap connection port memiliki kemampuan  yang berbeda – beda , pilihlah Connection Port yang terbaik dari proyektor sesuai dengan Urutan Connection port dari yang terbaik sampai yang terendah berikut ini :
         HDMI
         DVI
     •         Component Video
         VGA / D-sub 15 pin
         S-video
         Composite


Media Player
Terakhir yang tidak kalah penting adalah pemutar media atau media player atau sumber tampilan. Media player dapat kita sesuaikan dengan Connection Port dari proyektor yang sudah kita pilih sebelumnya. Beberapa media player yang kita kenal :
Media Player
Connection Port
VHS
Composite
Betamax
Composite
Laser Disc
Composite
VCD
Composite, Component
DVD
Composite, Component, HDMI
Komputer / Laptop
D-sub 15pin, DVI, HDMI
Blu-ray
Composite, Component, HDMI

Rekomendasi : Pilihlah Blu-ray Player atau laptop yang mempunyai Port HDMI jika Proyektor anda juga memiliki Port HDMI.